RUBRIK PENILAIAN PROYEK
I.
Mata Pelajaran
Fisika
II.
Standar Kompetensi
Menerapkan
konsep dan prinsip kalor, konservasi energi, dan sumber energi dengan berbagai
perubahannya dalam mesin kalor
III.
Kompetensi Dasar/Indikator
5.2 Mendeskripsikan cara
perpindahan kalor
·
(kognitif
proses )Membedakan peristiwa perpindahan kalor cara konduksi,konveksi dan
radiasi
• Menentukan faktorfaktor yang
berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan
radiasi
• ( produk)Memberikan contoh melalui
percobaan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan
sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana
• (spikomotor)Mendemonstrasikan cara
untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi,konveksi, dan
radiasi
• (afektif)Menunjukkan keaktifan
dalam belajar
IV.
Alokasi Waktu (2 x pertemuan)
V.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami konsep kalor dan menerapkannya untuk
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan konsep kalor dalam kehidupan
sehari-hari.
VI.
Materi Pembelajaran
·
Perpindahan kalor (konduksi,
konveksi, radiasi)
VII.
Guru Mata Pelajaran
DEDI MARDIANTO
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kognitif:
Membedakan
peristiwa perpindahan kalor cara konduksi,konveksi dan radiasi
|
Mampu Membedakan peristiwa perpindahan kalor cara konduksi,konveksi
dan radiasi
dengan baik dan benar
|
Mampu Membedakan peristiwa perpindahan kalor cara konduksi,konveksi
dan radiasi
|
Kurang mampu Membedakan peristiwa perpindahan kalor
cara konduksi,konveksi dan radiasi
|
Tidak mampu Membedakan peristiwa perpindahan kalor
cara konduksi,konveksi dan radiasi
|
Psikomotorik:
Mendemonstrasikan
cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi,konveksi,
dan radiasi
|
Mampu Mendemonstrasikan cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor
melalui konduksi,konveksi, dan radiasi dengan baik dan benar
|
Mampu Mendemonstrasikan cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan
kalor melalui konduksi,konveksi, dan radiasi
|
Kurang mampu Mendemonstrasikan cara untuk
mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi,konveksi, dan radiasi
|
Tidak mampu Mendemonstrasikan cara untuk
mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi,konveksi, dan radiasi
|
|
Afektif : Motivasi dan
kerapian
|
Melakukan dengan sangat
semangat dan rapi
|
Melakukan dengan semangat
dan rapi
|
Melakukan dengan semangat
namun kurang rapi
|
||
2
|
Kegiatan
|
|
|
|
|
Memberikan contoh melalui percobaan peristiwa konduksi,
konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk
teknologi sederhana
|
Dapat dengan sempurna Memberikan contoh
melalui percobaan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan
sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana
|
Dapat Memberikan contoh melalui percobaan peristiwa konduksi,
konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam
bentuk teknologi sederhana
|
Kurang dapat Memberikan contoh melalui percobaan
peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta
penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana
|
Tidak dapat Memberikan contoh melalui percobaan
peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta
penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana,
|
|
3.
|
Laporan Kegiatan
|
Siswa mampu membuat laporan yang sistematis,
bahasa yang mudah dipahami, penjelasannya lengkap dan sesuai dengan tujuan
yang ingin dicapai dalam proyek
|
Siswa mampu membuat laporan yang sistematis,
bahasa yang mudah dipahami, namunpenjelasannya kuranglengkap dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proyek
|
Kurangmampu membuat laporan yang sistematis, bahasa yang mudah
dipahami, penjelasannya lengkap dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
dalam proyek
|
Tidakmampu membuat laporan yang sistematis, bahasa yang mudah
dipahami, penjelasannya lengkap dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
dalam proyek
|
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
TUGAS
Disusun
untuk Memenuhi
Tugas
Mata Kuliah
Penilaian
Otentik
Oleh :
DEDI
MARDIANTO:A2f011051
MAGISTER
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM
PASCA SARJANA
UNIVERSITAS
JAMBI
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar